JAKARTA –  Lima kali lolos ke final tanpa pernah juara, adalah ‘dosa besar’ yang harus dibayar Timnas ‘Garuda’ Indonesia pada ajang Piala AFF.

Di ajang yang sama tahun ini, kini tim Garuda wajib membuat awal yang mengesankan saat bentrok dengan tuan rumah Singapura pada laga perdana babak penyisihan Grup B di Stadion Nasional, Jumat (9/11) pukul 19:00 WIB.

Absen di Piala Asia awal tahun depan karena tidak bisa ikut dalam kualifikasi membuat Piala AFF 2018 menjadi trofi paling besar yang bisa dibidik bagi sepakbola Indonesia.

Apalagi publik di Tanah Air sudah mulai tidak sabar untuk melihat kebangkitan  sepakbola Indonesia setelah gagal menyabet trofi di tiga kompetisi secara beruntun tahun ini, yakni Asian Games, Piala AFF U-16, dan Piala Asia (AFC) U-19.

Namun perjalanan untuk membayar dosa di ajang Piala AFF tahun ini, tidak semulus yang dioerkirakan oleh banyak orang.

Pergantian pelatih menjelang turnamen banyak dinilai sebagai sisi negatif Timnas Indonesia saat ini. Namun Bima Sakti bukanlah sosok baru di Skuat Garuda. Ia sejak awal sudah mendampingi Luis Milla sehingga secara taktik dan strategi tak akan ada banyak perubahan.

Itu sudah terlihat dalam tiga laga ujicoba yang berakhir dengan dua kemenangan kontra Mauritius dan Myanmar serta imbang lawan Hongkong. Bima bahkan mengaku cukup percaya diri dengan skuad yang dimilikinya saat ini.

Ia juga menilai bahwa  kekuatan terbaik yang dimilikinya saat ini, terletak di sektor sayap, seiring adanya nama-nama seperti Andik Vermansyah, Riko Simanjuntak, Febri Hariyadi, Irfan Jaya, dan Rizki Rizaldi Pora.

Bahkan kualitasnya hampir merata baik itu pemain senior maupun junior. “Sayap kami semua bagus ya, kita punya empat sayap yang sudah siap semua, ada Andik, Riko, Febri, dan Irfan. Jadi tergantung lihat besok kondisinya bagaimana kita akan menurunkan siapa yang jadi starter,” jelas Bima seperti yang dilaporkan pada Kamis (8/11/2018).

Bima juga sudah punya kerengka tim yang akan diturunkan untuk menghadapi Singapura. Sementara itu, Andik Vermansah mengaku ingin mengulang sukses dengan meraih kemenangan atas Singapura.

Apalagi dalam dua kali pertemuan dengan Singapura di Piala AFF, Andik selalu mencetak gol. “Yang penting Indonesia meraih kemenangan atas tuan rumah. Kami juga yakin suporter Indonesia juga akan banyak hadir di Stadion Nasional untuk memberikan dukungan penuh kepada kami,” tegas Andik.

Dari kubu lawan, Singapura kemungkinan bakal mengandalkan pemain lokal. Tapi, ketangguhan mereka diperkirakan akan tetap sama, apalagi didukung pelatih sekaliber Fandi Ahmad yang sudah tidak asing bagi pecinta sepakbola nasional.

Kedekatan dan pengetahuan Fandi Ahmad tentang kultur sepakbola Indonesia bisa jadi keuntungan sendiri bagi Singapura. Apalagi mereka mendapat dukungan lebih di depan publik sendiri.

Pada laga lainnya pada saat yang bersamaan, Timor Leste bakal menantang Thailand di Stadion Nasional Rajamangala  Bangkok.

REKOR PERTEMUAN:

25/11/16, Singapura v Indonesia 1-2

28/11/12, Indonesia v Singapura 1-0

04/11/09, Singapura v Indonesia 3-1

09/12/08, Indonesia v Singapura 0-2

(junius/tri)