Paris - Rafael Nadal memutuskan mundur dari Paris Masters jelang laga pertamanya. Alhasil, Nadal akan kehilangan tahta nomor satu yang jatuh ke tangan Novak Djokovic.

Petenis kidal Spanyol itu belum lagi bertanding sejak mundur akibat cedera dari semifinal AS Terbuka pada September lalu. Namun, Nadal mesti menunda comeback-nya di Paris karena cedera perut.

Keputusan ini diumumkan hanya beberapa saat sebelum Nadal melakoni pertandingan melawan kompatriotnya, Fernando Verdasco yang dijadwalkan hari ini (31/10/2018).


Mundurnya Nadal memastikan Djokovic akan menduduki ranking satu dunia apapun hasilnya di turnamen ini. Status itu akan resmi disandang petenis Serbia itu per Senin (5/11).
Rafael Nadal mundur dari Paris Masters dan kehilangan status nomor satu.Rafael Nadal mundur dari Paris Masters dan kehilangan status nomor satu. Foto: Justin Setterfield/Getty Images

Djokovic bangkit dari keterpurukan di awal musim ini dengan memenangi Wimbledon dan AS Terbuka, serta Shanghai Masters. Dia akan menjadi petenis pertama yang sebelumnya menempati peringkat di luar 20 besar (22) kemudian menjadi nomor satu di musim yang sama, setelah Marat Safin (38 pada 2000).

Sementara itu, Nadal bukan satu-satunya petenis yang mundur di Paris Masters. Mantan petenis peringkat 3 dunia itu juga menarik diri dari laga babak kedua melawan Roger Federer akibat cedera sikut kanan.

Federer sendiri kembali ke Paris Masters setelah tiga tahun sebelumnya selalu absen. Maestro tenis asal Swiss itu mengejar titel juara ke-100 dalam kariernya usai menjadi juara di Basel, akhir pekan lalu. (rin/raw)