VIVA – Tour de Singkarak memasuki hari terakhir, Minggu 11 November 2018. Di Etape kedelapan dengan panjang lintasan 158 kilometer dimulai dari Kabupaten Pesisir Selatan menuju Kota Pariaman ini, hanya diikuti sebanyak 76 pembalap yang tersisa. 

Seluruh pembalap akan beradu cepat dan kuat untuk memperoleh hasil maksimal. Gelar juara umum Tour de Singkarak 2018 pun ditentukan hari ini. Publik menanti, siapa pembalap yang keluar sebagai juara umum setelah berhasil menaklukkan lintasan sepanjang 1.267 kilometer yang terbagi di delapan etape.

Meski tampil konsisten dan masih menempati urutan pertama klasemen sementara, namun posisi pembalap berdarah Australia atas nama Jesse Ewart dari Sapura Cycling Team Malaysia, masih belum aman. 

Total catatan waktu Jesse saat ini  27.39.32, ditempel ketat oleh pembalap Holler Nikodemus dari Bike Aid Germany yang berada di urutan kedua dengan catatan waktu 27.39.52, dan di urutan ketiga ada pembalap dari 7Eleven-Cliqq Roadbike Philippines atas nama Felipe Marcelo yang membukukan total catatan waktu 27.39.59, 

Kedua pembalap ini, merupakan ancaman serius bagi Jesse. Jesse harus bisa menorehkan catatan waktu lebih cepat dari kedua pesaingnnya itu pada etape terakhir ini, jika ingin mencatat sejarah baru di Tour de Singkarak 2018 dengan keluar sebagai juara umum.

Balapan etape III Tour de Singkarak 2018

Berdasarkan akumulasi terakhir, pembalap Indonesia atas nama Soleh Abdul dari KFC Cycling Team hanya mampu berada di urutan ke sepuluh dengan total waktu 27.42.06.

Sementara untuk ketagori Best Indonesia Riders, Hibatullah jamal dari PGN Road Cycling Team masih kokoh diurutan pertama dengan catatan waktu 5.09.43, disusul peringkat kedua Pembalap dari KFC Cycling Team atas nama Soleh Abdul dengan catatan waktu 5.09.43. Dan di posisi ketiga pembalap dari BRC team atas nama Warseno dengan total waktu 5.09.50.

Tiga titik sprint masing-masing terdapat di Tarusan, Bungus dan Lubuk Alung serta Dua titik King Of Mountain di Bungus dan Bukit Lampu, merupakan tantangan pada rute di etape terakhir ini. 

Sebelum finish di Kota Pariaman pada pukul 14.00 WIB, seluruh pembalap akan melintas di beberapa titik seperti di Sago, Tarusan, Bungus, Jl. Sutan Syahrir, Jl. Jend Sudirman, Jl. Khatib Sulaiman, Pasar Lubuk Buaya, dan Patung Ikan Lubuk Alung.