PEMUDA harapan bangsa, pemuda selalu dipuja. Begitu syair yang disenandungkan oleh penyanyi. Memang begitu adanya. Pemuda selalu dipuja, oleh siapa saja. Mereka memang punya kekuatan yang luar biasa. Punya energy yang komplit, dari pemikiran dan juga tenaga. Maka, satu bangsa pun manjadi merdeka karena digerakkan oleh para pemuda.

Beri aku seratus orang tua, aku akan pindahkan Gunung Semeru. Tapi, beri satu pemuda, aku akan guncang dunia. Luar biasa. Itu kata Bung Karno, Proklamator, yang sadar bahwa perjuangannya untuk memerdekakan Indonesia ini adalah berkat kegigihan para pemuda.

Orang-orang muda memang punya gagasan atau ide-ide yang brilian, dan kadang sangat mengejutkan. Ketika mereka sudah tidak suka melihat ketidak adilan, maka mereka akan bersatu bergerak, menghancurkan kesewenang-wenangan. Kalau mau tengok ke belakang, maka tak sedikit para pemuda yang berkorban demi keadilan. Dan tak heranlah jika pemuda memang harus dielu-ekukan.

Tapi, itukan untuk mereka yang berprestasi dalam kebenaran? Nah, lalu bagaimana buat mereka yang hanya mampu bikin onar? Yang Ide-idenya hanya membuat resah masyarakat luas. Misalnya, mereka yag jadi anggota geng, tawuran membunuh sesaman teman, merampok dan bikin kerusuhan lain? Wah, ada yang nenggak miras oplosan, narkoba. Malah belakangan ada yang minum rebusan pembalut wanita? Ini ide gila kan?

Itu yang disebut miras oplosan, pun bahannya nggak masuk akal. Segala racun pembunuh serangga, dijadikan minuman?

Wahai, pemuda bukan itu yang diinginkan oleh generasi terdahulu, para pahlawan yang susah payah memerdekakan negeri ini, Bung! Itu mah, ide membabi buta. Memang semuanya mengejutkan, spektakuler sih! Tapi itu semua menghancurkan masa depan! Sekali lagi, jangan jadi generasi membabi buta. -massoes