JAKARTA– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberangkatkan umrah 267 marbot. Ia meminta seluruh marbot bisa belajar cara pengelola mesjid baik di Mekah mapun Madinah.

“Pemberangkatan ini harus dimanfaatkan untuk belajar tentang pengelolaan mesjid yang baik, “kata Anies di Balaikota, Jumat (9/11/2018).

Anies menyebutkan pemberangkatan marbot dilakukan dua tahap. Sebanyak 100 marbot diberangkatkan bulan ini dan sisanya pada awal Desember 2018.

Mereka adalah marbot yang berasal dari masing-masing kelurahan di berbagai wilayah di Jakarta. Mereka telah lolos seleksi Dewan Mesjid Indonesia atau DMI.

Sebelumnya, Kepala Biro Pendidikan, Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Hendra Hidayat, mengatakan jumlah marbot yang diberangkatkan meningkat. Tahun lalu sebanyak 100 marbot berangkat umrah.

Ahmad Sukhi, marbot dari Jakarta Pusat, senang bisa berangkat umroh gratis. “Puji syukur kepada Allah SWT karena akhirnya bisa beraangkat umroh. Alhamdulillah, Allah mengabulkan doa saya,” ucapnya.

Pemberangkatan marbot ini sebelumnya juga sudah dilakukan pemprov saat Jakarta dipimpin Fauzi Bowo, kemudian dilanjutkan oleh Bassuki Tjahaya Purnama alias Ahok lalu dan diteruskan Anies Baswedan. (john/yp)