VIVA – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis Honda CBR150R terbarunya pada Oktober 2018 lalu. Motor itu dijual mulai Rp33,8 juta.

Motor sport fairing bermesin 150cc ini juga memiliki pengaturan lima level pada suspensi depan dan belakang. Yang menarik, untuk penyetelan suspensi depannya ternyata bisa dilakukan hanya dengan uang koin.

Technical Service Division AHM, Endro Sutarno mengatakan, penyetelan suspensi depan modelnya seperti 'obeng minus (-)'. Sehingga bisa dilakukan dengan menggunakan uang. Terlebih dalam keadaan mendadak, semisal touring.

"Jadi ketika di jalan konsumen enggak perlu pusing cari tolls, bisa pakai uang koin. Model suspensi Showa ini baru," ujarnya saat dihubungi.

Karena memiliki lima model penyetelan, lebih lanjut Endro menjelaskan, untuk mengatur ketinggian dan kerendahan suspensi wajib memposisikan garisnya sampai sejajar. Sebab pedomannya adalah garis harus sejajar, dan butuh diputar beberapa kali sampai garis ulirnya sejajar.

"Level lima kemungkinan jarang dipakai karena terlalu empuk. Semakin tinggi semakin empuk, nomor satu paling keras atau rigid. Kalau pengendara yang ingin kencang, posisi suspensi lebih baik kaku, tapi kalau untuk harian atau touring pasti pilih agak soft," tuturnya.

Maka itu, kata dia, pabrikan memposisikan setelan suspensi di tiga ulir. Artinya tidak keras dan tidak terlalu empuk juga. "Trek lurus jalanan rata lebih enak keras, ketika posisi nyaman harian di tiga," sambungnya.